Pengertian Hosting dan Fungsinya
Kunjungi
Home » » Pengertian Hosting dan Fungsinya

Pengertian Hosting dan Fungsinya

Pengertian Hosting dan Fungsinya

BISNIS ONLINE TAKENOE
Hosting dan domain memiliki peran penting dalam suatu website di era modern saat ini. 

Banyak orang berlomba-lomba menunjukan jati dirinya dan mengekspresikan diri melalui website pribadi. 

Untuk memiliki website pribadi anda harus memilih hosting yang optimal agar nantinya dapat digunakan untuk mengelola keperluan web anda. 

Hosting kebanyakan ada trial nya atau percobaan memakai hosting pada blog web anda, apabila sudah paham dan bisa biasanya anda akan membeli hosting tersebut agar lebih maksimal. 

Disini saya akan membahas tentang pengertian hosting, fungsi serta jenis-jenis hosting.
1. Pengertian Hosting

Hosting merupakan suatu tempat yang dapat digunakan sebagai penyimpanan data website sehingga dapat diakses melalui jaringan internet. 

Hosting ini memiliki satu server atau lebih yang mempunyai kecepatan tinggi. Setelah membuat hosting anda dapat membangun alamat yang biasa kita sebut domain. 

Contohnya ada penyedia hosting yang terkenal bernama wixsite jika anda menginginkan memakai nama domain ini maka anda akan menambatkan nama wixsite yang menempel pada domain anda. 

Bagiamana jika saya menginginkan domain tanpa embel-embel nama di belakangnya? Nah untuk mendapatkan secara utuh maka anda harus membelinya terlebih dahulu.

2. Fungsi Hosting

Mungkin anda juga bertanya apa fungsi pada hosting? Nah dibawah saya akan jabarkan apa itu fungsi hosting:

1. Tempat Penyimpanan Data

Hosting dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan informasi, seperti gambar, artikel,video, dokumen serta database yang ada pada suatu hosting tersebut. 

Semakin banyak kapasitas hosting yang anda miliki maka akan semakin banyak pula data yang dapat anda simpan. 

Kapasitas hosting sendiri beragam ada yang 30 MB, 300,MB, 500 MB namun sayangnya semain besar kapasitas penyimpanan akan semakin mahal harga yang akan anda dapatkan. 

Disini letak perbedaan hosting gratis dan berbayar akan terlihat, di hosting gratis kita akan mendapatkan kapasitas terbatas untuk menyimpan data-data.

2. Menjaga Situs Agar Dapat Diakses Penuh

Dengan pemilihan hosting yang tepat maka server tidak akan mudah down, maka nantinya jika ada seseorang yang akan mengakses website yang anda miliki orang tersebut dapat mengakses secara lancar tanpa hambatan. 

Sehingga nantinya ketika website anda ramai diakses banyak orang server yang berjalan akan lancar. 

Saya sarankan untuk anda yang memiliki bisnis online hindari hosting yang sering down karena hal ini penting sekali untuk menjaga kelancaran calon pembeli anda.
Jenis-jenis Hosting

a. Free Hosting

Seperti yang sudah saya katakan di atas free hosting ini dapat anda dapatkan secara gratis. 

Tetapi karena gratis tentunya memiliki kelemahan yakni kapasitas hosting yang sangat terbatas. Sehingga layanan hosting yang maksimal tentunya para blogger beralih ke hosting wordpress atau blogspot.

b. Shared Hosting

Hosting berbayar yang memakai sistem shared dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada shared hosting ada beberapa situs penempatannya dalam sever yang sama dengan sistim berbagi/shared sumber daya RAM atau CPU. 

Hosting ini cocok untuk keperluan blog pribadi yang memiliki pengunjung tidak cukup banyak.

c. Dedicated Hosting

Hosting yang satu ini sedikit mirip dengan shareed hosting hanya saja berbaginya dengan sistem satu server untuk satu akun website. 

Ada dua macam dedicated hosting yaitu Colocation dan Dedicated Server. 

Ketika anda memilih dedicated hosting anda akan memperoleh banyak keuntungan performa yang baik serta privasi yang lebih terjaga.

0 komentar:

Post a Comment